Honda CRF Series adalah salah satu varian motor trail yang paling banyak dicari para penggila Olahraga garuk tanah. Motorcross yang memiliki tenaga yang hampir bisa dikatakan sempurna di kelasnya inilah yang menjadi salah satu alasan motor ini banyak peminatnya. Tak sampai disitu saja, Honda CRF250R pun kini memiliki perubahan yang signifikan pada bagian berat motornya atau rangka utama yang dapat membuat motor ini lebih gesit dan lincah di segala trek berat sekalipun. Rangka Honda CRF250R ini pun memiliki rangka depan atau pada bagian kemudinya dibuat lebih rendah dari Honda Tipe CRF sebelumnya untuk mengurangi tekanan Gravitasi sehingga motor lebih seimbang.
Menurut Motorcycle.com, mesin CRF250R menggunakan teknologi PGM-FI berpenggerak 4 langkah, dan berkubikasi 249 cc single cylinder yang didapatkan dari ukuran bore 76,8 mm dan stroke 53,8 mm. menggunakan cylinder head yang baru, piston lebih ringan, berpendingin air dan 4 klep, lalu membangun ulang connecting-rod. Tidak cukup sampai di situ, Honda juga mengganti katup pembuangan yang terbuat dari besi dengan bahan titanium, sekaligus meningkatkan kompresi dari 13,5:1 menjadi 13,8:1.
Dari berbagai pengembangan yang sudah dilakukan, CRF250R model tahun 2016 tentu saja memiliki performa yang lebih beringas. Honda Amerika Serikat memang nggak menyebutkan berapa tenaga puncak yang mampu diraih oleh CRF250R. Namun, Honda Eropa berani lebih terbuka dan mengatakan bahwa power yang mampu dikeluarkan oleh CRF250R mencapai 39,4 HP/11.500 rpm, naik 1,8 HP. Torsinya juga mengalami peningkatan nih sob, dari 26,43Nm/9.000 rpm menjadi 27,11 Nm/9.000 rpm. Bayangkan motor satu silinder punya tenaga lebih dari 39 HP, apa nggak ketinggalan jauh tuh temen-temen kalian jika kamu pakai motor CRF250R ini.
Selain ngoprek bagian mesin, Honda juga ngoprek CRF250R pada bagian suspensi yang dibuat oleh Showa. Tenaga bengis tanpa supsnesi dan handling yang nyaman tentu nggak ada artinya kan. Tentu saja intinya, Honda ingin menunjukkan CRF250R edisi 2016 miliknya memiliki tenaga yang lebih besar dengan handling yang enak untuk balapan.
Untuk bagian kaki kaki mulai dari sokbreker, Motor ini menggunakan sokbreker depan unik yang berjenis 'air fluida' . Yang membuatnya unik adalah fungsi dari kedua sok tersebut, yang masing-masing mempunyai mekanisme dan fungsi-fungsi sendiri. Pada fork kirinya berfungsi sebagai kompresi, sedangkan yang kanan fungsinya lebih ditujukkan sebagai peredam. Sehingga motor ini memang sangat cocok sekali untuk menggilas tanah pegunungan yang sangat extreme.
Bukan sampai situ saja, akan tetapi motorcross tangguh ini juga sudah dilengkapi pula dengan peragkat pengereman yang handal untuk meredahkan ganasnya mesin dengan memakai cakram berdiameter 260mm. Selain ringan motor ini juga memiliki knalpot yang terlihat sangat simple dengan fungsi untuk menghasilkan Power di rpm menengah hingga tinggi.
Di luar negeri, khususnya Amerika Serikat, motor keluaran honda ini dibandrol dengan harga cukup fantastis yaitu US$ 7.600 atau sekitar Rp 101 jutaan dengan kurs Rp 13.300. Tapi harga itu sewaktu-waktu bisa saja berubah jikalau motor ini memang benar-benar akan dipasarkan di tanah air, So kita tunggu saja kabar selanjutnya dari pihak AHM. semoga bermanfaat.