Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat memang berdampak pada berbagai bidang dalam kehidupan manusia, yang kebanyakan memberikan manfaat positif. Salah satunya dalam bidang otomotif.
Dan seperti yang sudah kita ketahui Ketatnya regulasi terkait emisi gas buang kendaraan bermotor di berbagai negara, mau tidak mau memaksa pabrikan untuk terus mengembangkan mesin yang semakin ramah lingkungan..
Berbagai cara dilakukan, dimulai dari perubahan bahan bakar tanpa timbal, perubahan di sektor pengabutan bahan bakar, penambahan katalis di knalpot dan lain sebagainya..hal itu dilakukan demi untuk menekan emisi gas buang, berbagai produk sepeda motor terpaksa stop produksi karena aturan terkait emisi gas buang ini, terutama motor-motor yang masih menggunakan mesin 2 Tak (two stroke – 2 langkah).. Salah satu contoh yang paling hangat adalah sang legenda, Kawasaki Ninja 150 2 Tak..
Namun demikian, tumbangnya motor-motor 2 Tak bukan berarti perkembangan teknologi akan mesin ini berhenti.. Tercatat bahwa pabrikan Honda kini berencana untuk membangkitkan kembali generasi mesin 2 Tak ini.. Hal ini terpantau melalui paten yang diajukannya di Amerika Serikat seperti yang diberitakan oleh morebikes.co.uk .,,
Terlihat bahwa konstruksi mesinnya kini tidaklah sama dengan mesin 2 Tak konvensional yang biasa kita kenal.. Mengutip dari blog Motogokil, yang dikurung merah adalah beberapa komponen yang merupakan hal baru yaitu:
1.Swing link (1)
2.Injector(2)
3.Exhaust valve (3)
4.Exhaust rocker arm (6)
5.Push rod (7)
6.Cam ex (8)
Sedangkan kurung biru adalah bagian spesifik yang mengindikasikan gambar ini adalah gambar engine 2t bensin (spark ignited/pengapian busi). 1.Reed Valve
2.Busi
Keluarnya gas buang mesin 2 Tak baru ini tidak lagi melalui lubang yang biasanya ada di dinding silinder brosist, melainkan melalui klep buang yang ada di kubah silinder.. Buka-tutup klep nantinya akan mengikuti irama push rod yang ada di sisi samping silinder.. (Jadi kayak mesin Honda CG ya, CMIIW)Cara kerja mesin 2 Tak konvensional, Sooo,, jika mesin ini nantinya sudah memasuki proses produksi massal,, jangan heran ya kalo motor-motor 2 Tak di masa hadapan nanti bakal menggunakan klep layaknya motor-motor 4 Tak yang ada saat ini,, bedanya jumlah klepnya setengah dari motor-motor 4 Tak.. jika mesin 2 Tak pabrikan Honda bisa terlahir kembali, bukan tidak mungkin mesin 2 Tak pabrikan Kawasaki juga akan segera menyusul,, ya toooh, tidak ada yang tidak mungkin kan