PED1, Trail Pengaruk Tanah Berbahan Bakar Listrik


Perkembangan motor listrik memang belum meluas seperti motor berbahan bakar. Meskipun demikian, keberadaan produsen motor listrik semakin bertambah. Melihat celah itu, Kabar terbaru yang berkembang di dunia maya, tahun ini salah satu pabrikan otomotif terbesar didunia yang berlogo garbu tala yaitu Yamaha akan produksi motor listrik buatannya. yang rencananya akan diproduksi secara masal yaitu Yamaha PED1 atau (Passion, Electric, Dirt) yang diadopsi desain trail, sosok roda dua dengan spesialisasi trek berlumpur (dirt bike).

Sebenarnya Isu tahun ini Yamaha produksi motor listrik sudah santer terdengar sejak tahun 2014 lalu. sebagai salah satu pabrikan otomotif terbesar di dunia, yamaha tentu saja tak mau ketinggalan dalam inovasi teknologi demi bersaing didunia otomotif yang semakin ketat. motor listrik pertama mereka ini mengusung konsep motor trail.



Untuk rancangan prototype motor itu sendiri sudah dipamerkan di Jepang pada pertengahan April 2014 lalu. Desain motor listrik yang diberi nama Yamaha PED1 tersebut memang mengusung tampilan yang sporty futuristik. Dari bentuknya, Yamaha PED1 lebih condong ke penggemar motor trail dan adventurer, Yamaha PED1 ini juga dibekali dengan Yamaha Smart Power Module dengan struktur monocoque yang sekaligus merangkap sebagai frame atau rangka.

Dimensi sepeda motor listrik terbaru Yamaha ini memiliki panjang 1,900 mm, lebar 758 mm, dan tinggi 1.205 mm. Sementara untuk bobotnya diperkirakan akan di bawah 85 kg.Yamaha juga membekali PED1 dengan beberapa fitur-fitur canggih, seperti mode transmisi manual dan otomatis yang dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan pengendara.



Menurut rencananya motor tersebut akan dipasarkan mulai tahun 2016 mendatang, dengan sumber daya menggunakan baterai lithium. Selain itu, baterai Lithium-ion yang menjadi sumber tenaga motor listrik Yamaha ini juga dapat dilepas, sehingga memudahkan pengendara untuk melakukan penggantian baterainya. Sayangnya Yamaha belum melansir berapa daya baterai yang diusung juga power mesin motor tersebut.



So Kita tunggu saja perkembangan berikutnya tentang motor listrik Yamaha tersebut.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment